0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 4G - Spesifikasi & Harga

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) baru-baru ini meluncurkan ponsel mid-range terbarunya melalui seri Samsung Galaxy A24 yang menawarkan kemampuan kamera memukau dan desain stylish. Perlu diketahui, ponsel ini hadir untuk melengkapi Galaxy A Series. Sebelumnya, terdapat Samsung Galaxy A14 4GSamsung Galaxy A34 5G, dan Samsung Galaxy A54 yang sudah rilis lebih dulu di pasar Indonesia. Untuk desain dan juga spesifikasinya tentu tidak akan jauh berbeda. Kendati demikian, Samsung Galaxy A24 tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24

Jika dilihat sekilas, ponsel kelas menengah Samsung Galaxy A24 ini memang cukup menarik di kelasnya. Mulai dari layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), performa kompeten dan efisien, hingga sektor kamera memukau dengan dukungan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24 beserta spesifikasi dan harganya. Anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A24

Kelebihan Samsung Galaxy A24

1. Desain Bodi Minimalis

Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A23, Samsung Galaxy A24 tak lagi memiliki modul atau housing kamera atau yang kerap disebut contour cut dan terdapat lampu flash di sampingnya. Dengan demikian, sang ponsel ini memiliki bodi minimalis. Selain itu, ponsel ini dibalut dalam dimensi 162.1 x 77.6 x 8.3 mm dengan bobot 195 gram.

Sementara itu, frame pada bagian penutup belakangnya dibuat secara flat. Jika dilihat dari tatanan kamera dan penutup belakangnya, Samsung Galaxy A34 5G menurut penulis lebih mirip dengan Samsung Galaxy S23 5G dan Samsung Galaxy S23+ 5G.

Di bagian depan, terdapat sebuah layar berdesain Infinity-U Display. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di layar sang ponsel. Adapun tiga varian warna yang dihadirkan seperti Silver, Light Green, dan juga Black.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai Samsung Galaxy A24 dengan layar sentuh 2.5D Infinity-U Display berukuran 6,5 inci dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kapasitif display yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel pada kerapatan 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai 1000 nits (peak).

Layar tersebut juga sudah mengusung refresh rate 90Hz untuk mengurangi screen tearing dan stuttering, sehingga animasi pada saat scrolling maupun bermain game menjadi lebih smooth. Ia juga sudah tersematkan fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar mata tidak mudah lelah ketika memandang layar dalam waktu lama.

3. Performa Kompeten dan Efisien

Performa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A24 menurut penulis cukup kompeten dan efisien di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, Samsung Galaxy A24 ini berhasil meraih skor AnTuTu v9 di angka 370.472. Bisa dikatakan skor ini sedikit lebih tinggi dibandingkan ponsel lain dengan SoC (System on Chip) yang sama seperti vivo V25e dan Infinix Zero 20 misalnya.

Bukan hanya itu saja, ia juga mengujinya dengan GeekBench 5. Hasilnya, Samsung Galaxy A24 mampu meraih skor 561 untuk single-core dan 1394 untuk multi-core.

4. Memori Lega dengan RAM Plus

Samsung Galaxy A24 memang telah dibekali chipset yang cukup tangguh dan bisa diandalkan. Namun, performanya akan lebih optimal lagi jika dipadukan dengan memori RAM yang luas. Untungnya, ponsel kelas menengah besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini hadir dengan kapasitas RAM 8 GB.

Ini cukup menarik mengingat di beberapa negara, Samsung Galaxy A24 hanya hadir dengan memori RAM berkapasitas 6 GB saja. Apabila terasa kurang, ponsel ini sudah menyediakan fitur RAM Plus hingga 8 GB. Sehingga, total RAM pada Samsung Galaxy A24 ini akan menjadi 12 GB.

Kemudian, memori atau penyimpanan internal pada Samsung Galaxy A24 ini hanya berkapasitas 128 GB. Kendati demikian, sang ponsel sudah memberikan solusi untuk yang masih merasa kurang dengan kapasitas tersebut. Yang mana ia dibekali oleh slot khusus untuk microSD hingga berkapasitas 1 TB.

5. Kamera 50 MP + OIS

Sisi fotografi, Samsung Galaxy A24 hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel disertai fitur phase-detection autofocus dan dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) serta LED flash.

Untuk kamera kedua sang ponsel berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dipadukan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 123 derajat. Sedangkan untuk kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed-focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

6. Baterai Awet

Baterai yang ditandem pada Samsung Galaxy A24 ini tidak mengalami perubahan dari seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A23. Kapasitas baterai yang masih digunakan adalah 5000 mAh yang sudah lebih dari cukup untuk harga di kelasnya.

Walaupun kapasitas yang dimilikinya masih sama, Samsung Galaxy A24 ini diklaim memiliki ketahanan baterai yang lebih baik. Dilansir dari laman resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga dua hari lamanya dengan sekali pengisian daya dalam penggunaan normal.

Baterai berkapasitas 5000 mAh tersebut pun didukung oleh teknologi pengisian cepat 25W yang mampu mengisi daya 32% dalam waktu 30 menit. Sementara itu, untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu selama 104 menit saja.

7. Jaminan Update Software hingga 4 Tahun

Sektor perangkat lunak, Samsung Galaxy A24 sudah terpasang sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka One UI Core 5.1. Bahkan, Samsung Electonics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa si ponsel akan memperoleh dukungan hingga 4 tahun, mungkin hal tersebut sangat jarang ditemukan pada produsen android lainnya.

Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak dua kali (hingga Android 15) dan pembaruan keamanan hingga tahun keempat ketika ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software sampai dengan empat tahun ini memang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Inilah yang membuat ponsel dari Samsung cocok digunakan untuk jangka panjang.

8. Dukungan Fitur NFC

Kelebihan Samsung Galaxy A24 selanjutnya adalah sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang juga didukung oleh fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, melakukan transaksi tanpa kartu, mengecek saldo e-money, dan lain sebagainya.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

Kekurangan Samsung Galaxy A24

1. Masih Menggunakan Speaker Mono

Pada sektor audio pada Samsung Galaxy A24 hanya satu saja yaitu Mono yang disebut-sebut memiliki suara yang cukup lantang. Hanya saja, speaker Mono sendiri masih tidak bisa menghadirkan dinamika seperti speaker Stereo. Jika Anda ingin menghasilkan audio dengan dinamika seperti Stereo, maka Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

2. Tidak Mendukung Konektivitas 5G

Sudah sepatutnya smartphone keluaran terbaru di tahun 2023 ini dibekali dengan konektivitas 5G mengingat harganya menyentuh Rp3 jutaan. Namun, Samsung sendiri rupanya tidak mendukung konektivitas tersebut, yang dimana perangkat ini hanya mendukung konektivitas 4G saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy A24

Spesifikasi Samsung Galaxy A24
  • Warna : Silver, Light Green, dan Black.
  • Dimensi : 162.1 x 77.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : Super AMOLED, Full HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A24

Harga Samsung Galaxy A24

Samsung Galaxy A24 merupakan salah satu ponsel kelas menengah terbaru besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terbaru yang menawarkan performa kompeten dan efisien dari MediaTek Helio G99, layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz yang imersif, hingga didukung oleh kamera utama berkekuatan 50 MP disertai OIS. Harga Samsung Galaxy A24 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.499.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.