0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Duel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G: Harga Sama Untuk Varian Terendah, Mana yang Terbaik?

Duel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G: Harga Sama Untuk Varian Terendah, Mana yang Terbaik? - Membuka awal Agustus 2023, Tecno Mobile Indonesia telah menggebrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan tiga smartphone anyar mereka di segmen entry-level to mid melalui seri Tecno Pova 5Tecno Pova 5 Pro dan Tecno Pova Neo 3. Seri termurah dari ketiga ponsel tersebut adalah Tecno Pova Neo 3 yang hadir dengan desain futuristik dengan 3D Mecha Design di bagian penutup belakangnya. Adapun tiga varian warna yang bisa disesuaikan oleh pengguna, yakni Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.

Duel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G

Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh Tecno Pova Neo 3 ini adalah kapasitas baterai yang cukup besar untuk sekelas harganya dengan dukungan baterai berkapasitas 7000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W. Nah, salah satu lawan terdekat smartphone ini adalah Xiaomi Redmi 12 4G yang hadir dengan performa sedikit lebih unggul berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88. Lalu duel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G dengan harga sama untuk varian terendah, mana yang terbaik?

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3
  • Warna : Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.
  • Dimensi : 170.7 x 77.6 x 9.3 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 16 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 12 4G

Spesifikasi Xiaomi Redmi 12 4G
  • Warna : Midnight Black, Sky Blue, dan Polar Silver.
  • Dimensi : 168.6 x 76.3 x 8.2 mm.
  • Berat : 198,5 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460, 6.79 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G88 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Duel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova Neo 3. Kali ini, Tecno Pova Neo 3 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni 3D Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Tak jauh berbeda dengan Tecno Pova 5, smartphone Tecno Pova Neo 3 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Sementara itu, Xiaomi Redmi 12 4G hadir dengan frame datar atau flat yang memungkin tren smartphone masa kini. Penutup belakang dari ponsel ini pun sudah menggunakan material kaca yang membuatnya terasa premium ketika dilihat secara langsung. Bahkan, cukup jarang smartphone di rentang harga Rp1-2 jutaan menggunakan material kaca.

Meski menggunakan bahan kaca, namun penutup belakang dari Xiaomi Redmi 12 4G tidak terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan. Nah, di sisi belakangnya juga terdapat tiga buah kamera tanpa adanya housing kamera. Penempatan modul kamera tersebut mengingatkan penulis pada smartphone POCO F5 yang belum lama ini dirilis di Indonesia.

1. Layar

Layar dari Xiaomi Redmi 12 4G menurut penulis lebih unggul berkat dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole atau Dot Display berukuran 6,79 inci pada aspek rasio 20:9 yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan hingga 550 nits (peak) serta mendukung refresh rate 90Hz.

Bukan hanya itu, layar Xiaomi Redmi 12 4G pun sudah mengantongi sertifikasi cahaya biru rendah SGS dan Mode Baca 3.0. Dengan demikian, Anda bisa menikmati pengalaman visual dengan lebih leluasa dan bahkan lebih lama dengan mengurangi cahaya biru dan kelelahan mata.

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 hanya dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,82 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 263 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 83,4% serta mendukung refresh rate 90Hz.

2. Performa

Sektor performa, sebenarnya kedua smartphone ini cukup bertenaga di kelasnya. Namun, Xiaomi Redmi 12 4G menurut penulis unggul tipis atas Tecno Pova Neo 3 dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 1 GHz.

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 hanya ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek MT6769Z Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

3. Kamera Belakang

Beralih ke sektor kamera, Xiaomi Redmi 12 4G jelas unggul telak atas Tecno Pova Neo 3 dengan hadirnya tiga buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan lima elemen lensa pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel juga berkekuatan 8 MP dengan sensor berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai ultra-wide angle serta mampu menghasilkan FoV (Field of View) 120 derajat. Lalu, kamera ketiganya berkekuatan 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 harus mengakui keunggulan Xiaomi Redmi 12 4G karena ia hanya dibekali dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/1.8 serta diperkuat oleh fitur autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

4. Kapasitas Baterai

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova Neo 3 ini didukung oleh baterai berkapasitas 7000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya seperti Xiaomi Redmi 12 4G yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile Indonesia mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 33 jam lebih lamanya untuk memutar musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, hingga 45 jam lamanya untuk panggilan.

Tidak sampai disitu saja, Tecno Pova Neo 3 pun memiliki teknologi keamanan yang dimiliki oleh baterai-nya yaitu STS. Sehingga, si ponsel bisa memberikan lebih banyak daya dan keamanan tingkat tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga nantinya mampu untuk meningkatkan kemanan demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, misalnya terjadi korsleting internal.

Namun, baik Tecno Pova Neo 3 dan Xiaomi Redmi 12 4G ini sudah sama-sama diperkuat oleh fitur pengisian cepat 18W.

5. Dukungan Stereo Speaker

Untuk mengimbangi kualitas visual dan kenyamanan dalam bermain game, menonton film, sampai dengan mendengarkan musik. Tecno Pova Neo 3 ini juga menghadirkan spekaer stereo alias speaker ganda. 

Dengan begini, ponsel ini mampu mengurangi kebisingan AI sehingga bermain game menjadi semakin menarik dan seolah terbawa masuk ke dalam game yang sedang dimainkan nantinya. Di mana, speaker utama dari Tecno Neo 3 ini diletakkan di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya diletakkan di bagian atas yang menyatu dengan earpice.

Sedangkan Xiaomi Redmi 12 4G hanya terdapat satu buah speaker saja alias mono speaker yang diletakkan di bagian bawah bodi.

6. Infrared Blaster

Perlu diketahui, smartphone Xiaomi Redmi 12 4G memang sudah memiliki fitur IR Blaster yang bisa dimanfaatkan sebagai remot TV, AC, dan lain sebagainya. Sementara itu, Tecno Pova Neo 3 tidak memiliki fitur unik tersebut.

Harga Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G

Harga Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G

Tecno Pova Neo 3 adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan performa memadai dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 serta didukung oleh baterai berkapasitas jumbo di kelasnya, yakni 7000 mAh serta dijejalkan fitur fast charging 18W. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai oleh layar berukuran lega di kelasnya, yakni 6,82 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz yang mulus. Kemudian, sang ponsel juga diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 16 MP. Harga smartphone Tecno Pova Neo 3 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Xiaomi Redmi 12 4G adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang tampil dengan desain stylish di kelasnya dengan hadirnya konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya tanpa adanya housing kamera yang minimalis. Itu juga hadir dengan performa kompeten dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88. Smartphone mainstrem di kelas entry-level ini pun juga dipersenjatai oleh layar superior berukuran besar di kelasnya, yakni 6,79 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ serta mendukung refresh rate 90Hz yang imersif. Harga smartphone Xiaomi Redmi 12 4G terbaru berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB + ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB + ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.199.000 rupiah.

Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G Unggul Mana?

Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G Unggul Mana?

Apabila Anda sudah membaca ulasan duel Xiaomi Redmi 12 4G vs Tecno Pova Neo 3 yang sudah penulis rangkum di atas, lantas mana yang lebih unggul? Menurut penulis Xiaomi Redmi 12 4G dengan harga sama untuk varian terendahnya lebih menarik untuk dipertimbangkan dengan dukungan performa yang sedikit lebih unggul, sudah menggunakan penutup belakang berbahan kaca, kamera utama memadai disertai kamera ultrawide, hingga terdapat fitur infrared blaster.

Meski demikian, Tecno Pova Neo 3 juga bisa dijadikan alternatif yang menarik karena harganya sama serta sudah didukung oleh baterai paling besar di kelasnya, yakni 7000 mAh. Itu juga diklaim bertahan hingga 33 jam lebih lamanya untuk memutar musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, hingga 45 jam lamanya untuk panggilan. Namun, ini juga kembali pada selera, kebutuhan, dan budget Anda masing-masing.