0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3: Harga Selisih 300 Ribu, Lebih Baik Pilih Mana?

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3: Harga Selisih 300 Ribu, Lebih Baik Pilih Mana? - Membuka awal Agustus 2023, Tecno Mobile Indonesia telah menggebrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan tiga smartphone anyar mereka di segmen entry-level to mid melalui seri Tecno Pova 5, Tecno Pova 5 Pro dan Tecno Pova Neo 3. Seri termurah dari ketiga ponsel tersebut adalah Tecno Pova Neo 3 yang hadir dengan desain futuristik dengan 3D Mecha Design di bagian penutup belakangnya. Adapun tiga varian warna yang bisa disesuaikan oleh pengguna, yakni Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3

Soal performa, Tecno Pova 5 tentu jauh lebih kencang dari Tecno Pova Neo 3 dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB. Sementara itu, Tecno Pova Neo 3 hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek MT6769Z Helio G85 dipadukan memori RAM 8 GB. Lalu apa saja sih perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut.

Spesifikasi Tecno Pova 5

Spesifikasi Tecno Pova 5
  • Warna : Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 9 mm.
  • Berat : 219.4 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3
  • Warna : Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.
  • Dimensi : 170.7 x 77.6 x 9.3 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 16 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3: Harga Selisih 300 Ribu, Lebih Baik Pilih Mana?

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova Neo 3. Kali ini, Tecno Pova Neo 3 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni 3D Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Tak jauh berbeda dengan Tecno Pova 5, smartphone Tecno Pova Neo 3 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal menarik yang membuat housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang dibuat rata. Di dalamnya terdapat dua buah kamera dan satu buah LED flash. Tetapi, tidak ada satu pun kamera yang terlihat menonjol. Bahkan, di sisi samping atau frame-nya pun dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga tetap nyaman ketika digenggam.

Sedangkan Tecno Pova 5 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni Turbo Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Mecha Black dan Amber Gold yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren. Akan tetapi, jika Anda ingin tampil lebih mencolok, penulis sarankan untuk memilih varian Free Fire Edition.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Sama seperti generasi sebelumnya, Tecno Pova 5 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

1. Layar

Layar Tecno Pova 5 menurut penulis lebih unggul atas Tecno Pova Neo 3 dengan dukungan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 20:9 dengan kecerahan puncak mencapai di angka 580 nits (typ). Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 84,5%. Itu juga didukung oleh refresh rate 120Hz, serta touch sampling rate 360Hz.

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 hanya dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,82 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 263 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 83,4%. Lalu ia hanya mengusung refresh rate 90Hz, serta touch sampling rate 180Hz.

2. Performa

Performa dari Tecno Pova 5 ini menurut penulis unggul telak atas Tecno Pova Neo 3 dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Menurut data dari Nanoreview, MediaTek Helio G99 ini mampu meraih skor 375.347 pada AnTuTu v9 Bechmark. Sedangkan pada GeekBench 5, MediaTek Helio G99 meraih skor 560 untuk single-core dan 1.831 untuk multi-core. Itu juga diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance dan meraih skor 1.230.

Sementara itu, Tecno Pova Neo 3 hanya ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek MT6769Z Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Dilansir dari kanal YouTube AD Review, Tecno Pova Neo 3 mendapatkan skor AnTuTu v10 sebesar 263.318 poin. Sementara untuk skor Geekbench 5, MediaTek Helio G85 ini mampu meraih skor 357 poin untuk single core dan 1260 poin untuk multi-core. Bahkan, SoC (System on Chip) ini juga meraih skor 3DMark cukup tinggi di kelas harganya, yakni 743 poin.

3. Kamera Belakang

Sisi fotografi, Tecno Pova 5 kembali unggul atas Tecno Pova Neo 3 dengan dukungan dua buah kamera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.6 serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

Tecno Pova Neo 3 juga sebenarnya sama-sama hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya, namun menmgusung resolusi yang kecil. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/1.8 serta diperkuat oleh fitur autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

4. Penyimpanan Internal

Perlu diketahui bahwa Tecno Pova 5 menawarkan penyimpanan internal lebih besar yaitu 256 GB. Sedangkan Tecno Pova Neo 3 untuk varian tertinggi hanya menawarkan kapasitas setengahnya saja, yakni 128 GB. Namun, keduanya sama-sama didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal.

5. Kapasitas Baterai

Sektor baterai, Tecno Pova Neo 3 jelas lebih unggul dari Tecno Pova 5 karena didukung oleh baterai berkapasitas 7000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile Indonesia mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 33 jam lebih lamanya untuk memutar musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, hingga 45 jam lamanya untuk panggilan.

Sementara itu, Tecno Pova 5 ini didukung oleh baterai berkapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 39 jam lebih lamanya untuk menelepon, 11 jam untuk bermain game, dan 14 jam lebih untuk memutar video.

6. Pengisian Cepat

Untuk urusan pengisian cepat, tentu saja Tecno Pova 5 lebih unggul dari Tecno Pova Neo 3 berkat dijejalkan fitur pengisian daya yang cukup cepat. Terdapat fitur smart charge yang diklaim memiliki 25 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya yaitu hingga 45W. Dengan demikian, ponsel ini butuh waktu 21 menit untuk mengisi daya hingga 50%, sedangkan untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 66 menit saja.

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 hanya didukung oleh fitur pengisian cepat 18W. Memang bukan yang tercepat, tapi itu bisa membantu proses pengisian daya baterai dalam waktu yang tidak terlalu lama dibandingkan tidak adanya fast charging sama sekali.

Namun, kedua smartphone besutan Tecno Mobile ini memiliki teknologi keamanan yang dimiliki oleh baterai-nya yaitu STS. Sehingga, si ponsel bisa memberikan lebih banyak daya dan keamanan tingkat tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga nantinya mampu untuk meningkatkan kemanan demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, misalnya terjadi korsleting internal.

Tak hanya itu, kedua ponsel ini pun sudah menghadirkan metode safe charging yang baik. Saat baterai terisi penuh, fitur bypass charging ini akan menyala agar daya listrik langsung memberi pasokan arus ke motherboard. Hal ini tentu bisa mengurangi suhu ponsel dan mengurangi risiko kerusakan akibat menggunakan ponsel saat kondisi mengecas.

7. Fitur Vapor Chamber Cooling

Selain performa dari chipset, kemampuannya dalam bermain game juga didukung oleh beberapa fitur pendukung untuk gaming. Hal ini juga menjadi salah satu peningkatan yang sebelumnya masih menjadi isu atau masalah yang ditemukan.

Kini sudah adanya Vapor Chamber Cooling pada Tecno Pova 5 yang lebih mumpuni. Terdapat Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik yang dikombinasikan dengan Graphene heatsink 9349.39 mm kubik. Bahkan, sistem pendingin ini juga telah dilengkapi pembuang panas hingga 10 lapisan. Alhasil itu akan membuat suhu CPU berkurang lebih dari 5 derajat celcius setiap reloading.

Itu juga menawarkan aplikasi Game Space yang dapat dimanfaatkan agar bermain game menjadi lebih optimal. Bahkan, pengguna bisa bermain game dengan lebih nyaman dengan memanfaatkan fitur Hide Notification dan Incoming Call Reject sehingga tidak ada lagi teman atau sahabat yang jail ketika Anda sedang bermain game. Sedangkan Tecno Pova Neo 3 tidak memiliki fitur tersebut.

Harga Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3

Harga Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3

Tecno Pova Neo 3 adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan performa memadai dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 serta didukung oleh baterai berkapasitas jumbo di kelasnya, yakni 7000 mAh serta dijejalkan fitur fast charging 18W. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai oleh layar berukuran lega di kelasnya, yakni 6,82 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz yang mulus. Kemudian, sang ponsel juga diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 16 MP. Harga smartphone Tecno Pova Neo 3 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Tecno Pova 5 merupakan salah satu smartphone entry to mid terbaru yang menawarkan performa powerful dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 serta diperkuat oleh baterai berkapasitas 6000 mAh dengan fitur pengisian cepat 45W. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Harga dari smartphone Tecno Pova 5 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.