0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3: Harga Sama untuk Varian Tertinggi, Ini dia Pemenangnya!

Duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3: Harga Sama untuk Varian Tertinggi, Ini dia Pemenangnya! - Jika di antara Anda sedang mencari smartphone entry-level di bawah Rp 2 jutaan dengan performa kompeten, ada dua kandidat yang bisa dipertimbangkan yaitu Vivo Y17s dan Tecno Pova Neo 3. Pasalnya, kedua smartphone tersebut ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core yang menurut penulis cukup kompeten di kelas harganya. Tak hanya ditenagai oleh dapur pacu kompeten, kedua dari smartphone tersebut juga menawarkan keunggulannya masing-masing.

Duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3

Seri Vivo Y17s hadir dengan dua buah buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Bukan hanya itu, ponsel ini pun sudah membawa sertifikasi IP54, ditambah dengan teknologi pelindung bodi belakang yang dapat membuatnya terlihat seperti baru sepanjang waktu. Cukup jarang smartphone di bawah Rp 2 juta rupiah mengantongi sertifikasi IP54. Sedangkan Tecno Pova 3 menghadirkan baterai paling besar di kelas harganya, yakni 7000 mAh dengan pengisian cepat 18W.

Dari pantauan penulis sejak awal smartphone ini dirilis di Indonesia, baik Vivo Y17s dan Tecno Pova Neo 3 rupanya dibanderol dengan harga sama untuk varian tertingginya. Lalu duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3 mana yang lebih unggul? Ini dia pemenangnya!

Spesifikasi Vivo Y17s

Spesifikasi Vivo Y17s
  • Warna : Glitter Purple, Forest Green.
  • Dimensi : 163.7 x 75.4 x 8.1 mm.
  • Berat : 186 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB /  128 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 15W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3
  • Warna : Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.
  • Dimensi : 170.7 x 77.6 x 9.3 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 16 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3

Secara desain, Vivo Y17s masih membawakan konsep 2.5D yang membutnya nyaman digenggam. Di sisi belakang, tampak sebuah housing kamera yang sedikit menonjol berisikan dua buah kamera, disusun secara vertikal. Di bawahnya ada satu lingkaran kecil berwarna putih yang merupakan LED flash.

Berbeda dengan ponsel Vivo pada umumnya yang condong flashy dan ramai akan aksen visual, kini Vivo Y17s tampil begitu minimalis namun esetetikanya masih tetap terjaga. Housing kamera memiliki warna yang mengikuti warna bodi secara keseluruhan, sehingga memberikan kesan seamless yang jarang dimiliki oleh smartphone entry-level lainnya.

Vivo menyebut desain ini merupakan "Desain ala Sultan", menawarkan varian warna Glitter Purple dan Forrest Green. Bahkan, penutup belakangnya juga membawa teknologi Crystalline Matte dari material mirip kaca seperti tekstur frosted. Ini tentu membuat bodi belakangnya terhindar dari noda sidik jari maupun goresan yang tidak disengaja. Vivo juga telah melakukan pengujian lebih jauh seperti drop test dan lainnya.

Bahkan, smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang tahan terhadap cipratan air dan debu.

Baca JugaDuel Tecno Pova Neo 3 vs Xiaomi Redmi 12 4G: Harga Sama Untuk Varian Terendah, Mana yang Terbaik?

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni 3D Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Tak jauh berbeda dengan Tecno Pova 5, smartphone Tecno Pova Neo 3 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal menarik yang membuat housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang dibuat rata. Di dalamnya terdapat dua buah kamera dan satu buah LED flash. Tetapi, tidak ada satu pun kamera yang terlihat menonjol. Bahkan, di sisi samping atau frame-nya pun dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga tetap nyaman ketika digenggam.

1. Layar

Sektor layar, Tecno Pova Neo 3 unggul tipis dari Vivo Y17s menurut penulis dengan dukungan layar sentuh punch hole berukuran 6,82 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 263 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 90Hz yang smooth, serta touch sampling rate 180Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda sudah bisa menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

Sedangkan Vivo Y17s ini dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop berukuran 6,56 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel dan gamut warna sebanyak 83 persen NTSC.

Tak hanya itu, layar tersebut juga mampu menghasilkan tingkat kecerahan puncak di angka 840 nits dan kerapatan mencapai di angka 269 ppi (pixel per inch). Namun, layarnya tidak mendukung gamut warna DCI-P3.

Adapun untuk meningkatkan pengalaman visual saat scrolling dan bermain game, layar Vivo Y17s memiliki refresh rate 90Hz. Ini tentu dapat membuat pergeseran layar jadi 50 persen lebih smooth dibandingkan refresh rate 60Hz konvensional.

Mengapa layar dari Tecno Pova Neo 3 unggul tipis? Pasalnya, layar dari Tecno Pova Neo 3 memiliki ukuran layar sedikit lebih besar hingga resolusi yang sedikit lebih tajam meski sama-sama HD+. Sementara itu, Vivo Y17s hanya memiliki ukuran layar lebih kecil yaitu 6,56 inci.

2. Kamera Belakang

Sisi fotografi, Vivo Y17s unggul signifikan atas Tecno Pova Neo 3 berkat dukungan dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel juga diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera belakang dari Vivo Y17s pun sudah menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning, yakni menyatukan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel besar, sehingga menghasilkan gambar beresolusi 12,5 MP. Ini guna meningkatkan penyerapan cahaya pada lensa, sehingga dapat meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

Baca JugaDuel Vivo Y17s vs Luna V6: Dibanderol dengan Harga Sama untuk Varian Tertinggi, Mending Pilih Mana?

Sedangkan Tecno Pova Neo 3 harus mengakui keunggulan Vivo Y17s meski sama-sama didukung oleh dua buah kamera. Namun, kamera utama dari Tecno Pova Neo 3 hanya berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/1.8 serta diperkuat oleh fitur autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

3. Baterai

Beralih ke sektor baterai, Tecno Pova Neo 3 jelas lebih unggul dari Vivo Y17s dengan dukungan baterai berkapasitas 7000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile Indonesia mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 33 jam lebih lamanya untuk memutar musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, hingga 45 jam lamanya untuk panggilan.

Kemudian, baterai tersebut juga didukung dengan fitur fast charging 18W. Memang bukan yang tercepat, tapi itu bisa membantu proses pengisian daya baterai dalam waktu yang tidak terlalu lama dibandingkan tidak adanya fast charging sama sekali.

Tidak sampai disitu saja, Tecno Pova Neo 3 pun memiliki teknologi keamanan yang dimiliki oleh baterai-nya yaitu STS. Sehingga, si ponsel bisa memberikan lebih banyak daya dan keamanan tingkat tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga nantinya mampu untuk meningkatkan kemanan demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, misalnya terjadi korsleting internal.

Sedangkan Vivo Y17s hanya dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh, ini merupakan kapasitas yang paling umum dimiliki oleh smartphone di kelas entry-level. Umumnya pula, baterai berkapasitas 5000 mAh juga bisa tahan hingga seharian penuh pada satu kali siklus pengisian, dan bukan tidak mungkin dapat bertahan hingga dua hari jika pemakaiannya awet.

Vivo mengklaim, Vivo Y17s bisa bertahan hingga 13,62 jam pada skenario menonton shorts video di Instagram, 19,67 jam untuk streaming video di YouTube, 60 jam mendengarkan musik, atau bermain game PUBG Mobile selama 5,69 jam.

Vivo Y17s ini juga telah dibekali fitur Ultra Power Saving Mode yang bisa membatasi kecerahan layar, konektivitas, menonaktifkan aplikasi tidak penting, itu semua agar dapat memperpanjang durasi ketahanan baterai.

Kemudian, Vivo Y17s pun sudah mendukung teknologi pengisian cepat 15W. Fast charging 15W memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tapi setidaknya bisa mempersingkat durasi pengecasan. Pengguna bisa ekspektasikan durasi sekitar 2 jam untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

4. Dukungan Stereo Speaker

Perihal audio, Tecno Pova Neo 3 kembali unggul lantaran sudah menghadirkan spekaer stereo alias speaker ganda.  Dengan begini, ponsel ini mampu mengurangi kebisingan AI sehingga bermain game menjadi semakin menarik dan seolah terbawa masuk ke dalam game yang sedang dimainkan nantinya. Di mana, speaker utama dari Tecno Neo 3 ini diletakkan di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya diletakkan di bagian atas yang menyatu dengan earpice. Sedangkan Vivo Y17s hanya masih mengandalkan satu speaker saja alias mono speaker.

5. Ketersediaan Fitur NFC

Untuk urusan fitur NFC (Near Field Communication), tentu Tecno Pova Neo 3 lebih unggul atas Vivo Y17s berkat kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) yang sudah didukung oleh fitur Google Play. Perlu diketahui, fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, transaksi cashless, cek saldo e-money, dan lain sebagainya.

Baca JugaPerbedaan Vivo Y17s dan Vivo Y27: Sama-sama ditenagai SoC MediaTek Helio G85, Lalu Apa yang Beda?

Harga Vivo Y17s dan Tecno Pova Neo 3

Harga Vivo Y17s dan Tecno Pova Neo 3

Vivo Y17s merupakan salah satu smartphone 4G terbaru yang mengunggulkan kamera belakang berkat dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP lengkap dengan fitur 4-in-1 pixel binning. Bukan hanya itu, ponsel ini juga ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang menurut penulis masih cukup oke meski bukan yang terkencang di kelasnya. Bahkan, Vivo Y17s sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang tahan terhadap cipratan air dan debu. Ini tentu patut diapresiasi mengingat di kelas harganya cukup jarang yang memiliki sertifikasi IP Rating. Harga smartphone Vivo Y17s terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.599.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Sedangkan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.999.000 rupiah.

Di sisi lain, Tecno Pova Neo 3 juga salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan performa memadai dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 serta didukung oleh baterai berkapasitas jumbo di kelasnya, yakni 7000 mAh serta dijejalkan fitur fast charging 18W. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai oleh layar berukuran lega di kelasnya, yakni 6,82 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz yang mulus. Kemudian, sang ponsel juga diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 16 MP. Harga smartphone Tecno Pova Neo 3 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3 Pilih Mana?

Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3 Pilih Mana

Apabila Anda sudah membaca ulasan duel Vivo Y17s vs Tecno Pova Neo 3 yang sudah penulis rangkum di atas, lantas mana yang lebih unggul? Menurut penulis kedua smartphone ini sama-sama menarik. Namun, Tecno Pova Neo 3 menurut penulis lebih unggul karena menawarkan layar sedikit lebih tajam, baterai paling besar di kelas harganya dengan pengisian cepat 18W, dukungan stereo speaker, hingga memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Meski demikian, Vivo Y17s juga bisa dijadikan alternatif yang menarik dengan harga lebih murah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB karena didukung kamera belakang lebih mumpuni. Namun, ini juga kembali pada selera, kebutuhan, dan budget Anda masing-masing.