0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G, Usung Desain Futuristik Bertenaga Unisoc T820

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G, Usung Desain Futuristik Bertenaga Unisoc T820 - ZTE Indonesia mengumumkan kehadiran ZTE Nubia Neo 5G ke pasar Indonesia pada Asgustus 2023 kemarin. Untuk harganya, ZTE Indonesia baru mengumumkan pada akhir September 2023. Harganya sendiri dibanderol dengan harga di bawah Rp 3 jutaan. Menilik kelas harganya, ponsel ini tentu dapat meramaikan segmen ponsel gaming di kelas menengah, alias mid-range. Performa dari ZTE Nubia Neo 5G pun cukup kencang di kelasnya. Sebab, smartphone ini ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G yang menurut penulis performanya tak kalah unggul dengan MediaTek Helio G99, bahkan melampauinya.

Bukan hanya itu, smartphone ZTE Nubia Neo 5G juga dibekali dengan memori RAM berkapasitas 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Perihal kamera, sang ponsel dibekali dua buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Bahkan, ponsel kelas menengah besutan ZTE Indonesia ini juga dicanangkan memiliki sistem operasi yang bersih dan tawarkan pengalaman bloatware-free.

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G, Usung Desain Futuristik Bertenaga Unisoc T820

Soal desain, ZTE Nubia Neo 5G menawarkan desain futuristik. Untuk varian warna War Damage Yellow menawarkan estetika karakter Transformers, itu menunjukkan daya tarik unik yang jarang didapatkan pada smartphone lain di kelas harga yang sama.

Dengan aksen emas yang menyerupai motif roda, kualitas keseluruhan bangunannya tetap kokoh meski masih menggunakan material plastik di sisi belakangnya. Hanya saja, di sisi depannya masih mengusung desain waterdrop notch, alih-alih punch hole seperti kebanyakan HP lain di kelas yang sama.

Selain varian War Damage Yellow, ZTE Nubia Neo 5G juga menghadirkan varian warna lain yang lebih kalem, yakni Phantom Black. Tak ada perbedaan dari segi desain, namun warna Phantom Black ini cukup direkomendasikan bagi mereka yang tidak terlalu suka tampil mentereng.

ZTE Nubia Neo 5G dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2408 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 400 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga mampu memberikan viewing angle yang luas. Kemudian, layar pada ZTE Nubia Neo 5G ini sudah mendukung refresh rate 120Hz yang membuat animasi dan scrolling lebih smooth. Bahkan, itu juga dikemas dengan teknologi True Bright Display untuk meningkatkan kecerahan layar hingga 35 persen ketimbang smartphone lain di kelas harga yang sama.

Performa dari smartphone ZTE Nubia Neo 5G menurut penulis cukup powerful dengan sokongan SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,7 GHz, triple-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,3 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,1 GHz dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC4 dengan frekuensi 850MHz.

Dari informasi yang penulis terima, Unisoc T820 secara mengejutkan memiliki performa yang melangkahi Helio G99, dan memiliki performa sebanding dengan Snapdragon 4 Gen 1. Dilansir dari Notebookcheck.net, Unisoc T820 punya skor AnTuTu v9 sebesar 473.609 poin. Kemudian, pada pengujian Geekbench 5 ia mampu meraih skor 639 poin untuk single core dan 2283 poin untuk multi-core.

Benchmark 3D Wildlife juga mendukung keunggulan ini, lantaran mencetak 2000 poin dengan kecepatan rata-rata 12 FPS. Menariknya, smartphone ZTE Nubia Neo 5G juga dapat menjaga suhu dengan sangat baik, bahkan selama sesi bermain game dalam durasi panjang.

Smartphone 5G terbaru ZTE Nubia Neo 5G ini juga dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB eMMC 5.1 yang cukup lega. Sang ponsel pun sudah didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB, serta mendukung USB OTG.

Menilik pada bagian kamera, ZTE Nubia Neo 5G hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.8 lengkap dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Terakhir, terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.75um piksel yang ditandemkan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di sisi depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 8 MP fixed focus yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan hanya sanggup merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

Berbeda halnya dengan mayoritas smartphone gaming di kelas menengah yang dikemas baterai berkapasitas 5000 mAh, ZTE Nubia Neo 5G justru malah dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh saja lengkap dengan pengisian cepat 22.5W. Meski demikian, sejumlah sumber mengatakan bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan normal atau sedang.

Sementara jika digunakan untuk bermain game Mobile Legends secara intensif, baterai hanya bisa bertahan hingga 2 sampai 3 jam lamanya sebelum habis. Ketika digunakan untuk bermain game berat berdurasi panjang, tentu ZTE Nubia Neo 5G akan menjadi sedikit hangat. Ini berkat dukungan sistem pendingin multi-layer guna menurunkan suhu panas secara optimal pada sebuah smartphone.

Tak hanya dapat diandalkan bermain game, ZTE Nubia Neo 5G juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penunjang saat berada di perjalanan. Sebab, ponsel ini turut disertai konektivitas NFC (Near Field Communication) guna memungkinkan perangkat bertukar data dengan perangkat lain yang mendukung dalam jarak dekat.

Fungsi NFC (Near Field Communication) antara lain untuk melakukan pengecekan saldo eToll, serta untuk berkirim-kirim data kontak atau file antar perangkat. Keuntungannya, penggunaan NFC (Near Field Communication) tak mengharuskan pengguna untuk pairing seperti ketika gunakan Bluetooth.

Soal Bluetooth, ini sudah mendukung versi 5.2 dengan antarmuka A2DP dan LE. ZTE Nubia Neo 5G juga memiliki protokol Wi-Fi 5 dual band, serta port USB Type-C 2.0 guna mendukung USB OTG.

Seperti kebanyakan smartphone yang diluncurkan pada tahun 2023, ZTE Nubia Neo 5G juga dikemas dengan sistem operasi Android 13. Namun, itu dibalut dengan antarmuka MyOS 13, software tersebut pun disebut-sebut sama sekali tidak memiliki bloatware.

Menurut KLGadgetTV, memang ada sejumlah game yang sudah pre-installed di dalamnya. Namun hal ini bukan jadi kendala karena mayoritasnya bisa dihapus dengan mudah.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun, ZTE Nubia Neo 5G pun nantinya akan mendapatkan jaminan update versi Android selama satu tahun. Jadi, pengguna hanya bisa mendapatkan Android 14.

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G

Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G

  • Rilis di Indonesia : September 2023
  • Warna : War Damage Yellow dan Phantom Black
  • Dimensi : 163.7 x 75 x 8 mm
  • Berat : 192 gram
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2408 piksel, kerapatan 400 ppi, 16 juta warna
  • Chipset : Unisoc T820 (6 nm), Octa-core (1x2.7 GHz Cortex-A76 & 3x2.3 GHz Cortex-A76 & 4x2.1 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57
  • Sistem Operasi : Android 13, MyOS 13
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 256 GB
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth), LED flash, HDR, panorama, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 8 MP, f/2.0, (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, non-removable, 22.5W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, NFC, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity

Harga ZTE Nubia Neo 5G

ZTE Nubia Neo 5G adalah sebuah smartphone gaming yang berada di kelas menengah tang tampil futuristik dan ditenagai SoC (System on Chip) Unisoc T820 yang powerful karena performanya melebihi Helio G99. Bisa dikatakan, Unisoc T820 itu memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 4 Gen 1. Bukan hanya memiliki performa powerful, sang ponsel juga hadir dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang tak bisa dipandang sebelah mata. Harga smartphone ZTE Nubia Neo 5G terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB.