0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s - Spesifikasi & Harga

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali merangsek pasar smartphone kelas entry-level tanah air melalui seri Samsung Galaxy A05 dan Samsung Galaxy A05s. Seri Samsung Galaxy A05s mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 octa-core dipadukan dengan memori RAM 6 GB. Tak jauh berbeda dengan seri 'reguler', ponsel juga dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 25W sehingga mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu yang tidak begitu lama.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Bukan hanya itu, Samsung Galaxy A05s ini juga sudah didukung layar tajam berkat mengusung resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90Hz yang imersif. Adapun hal lain yang cukup menarik dari smartphone ini adalah membawa kamera utama berkekuatan 50 MP serta didukung oleh kamera selfie beresolusi 13 MP yang menurut penulis sudah cukup baik dan bersaing di kelas harganya.

Namun, sisi menarik yang dimiliki sang ponsel bukan hanya itu. Masih ada banyak dan ulasannya bisa Anda simak melalui artikel berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A05s beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

1. Desain Minimalis

Samsung masih mempertahankan gaya minimalis pada desain bodi Samsung Galaxy A05s. Pada bagian belakang, lensa kameranya dibiarkan nongol tanpa adanya housing kamera. Hal ini pun masih mirip dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy A04s.

Namun, Samsung Galaxy A05s kini mengikuti desain yang telah lebih dulu dicerminkan Samsung Galaxy S23 5GSamsung Galaxy A54 5G, dan Samsung Galaxy A24 4G. Adalah penutup belakang dengan tipian flat, serta frame yang sedikit melengkung.

Hal menarik yang bisa Anda dapatkan dari smartphone ini adalah opsi warnanya yang beragam. Ada tiga yang tersedia untuk pasar Indonesia, yaitu Light Green, Silver, dan Black. Ketiga warna tersebut memiliki nuansa matte yang memiliki kesan kalem dan tidak norak.

Perihal material yang digunakan, tak ada yang begitu istimewa pada ponsel ini mengingat Samsung Galaxy A05s berada di segmen entry-level. Alhasil, ia hanya dikemas dengan bodi berbahan plastik polikarbonat.

2. Layar Full HD+ 90Hz

Dari informasi yang penulis himpun, Samsung Galaxy A05s hadir dengan layar sentuh 2.5D berponi minimalis berukuran 6,7 inci dengan panel PLS (Plane to Line Switching) LCD kapasitif display yang mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 393 ppi (pixel per inch) yang mampu menghasilkan pengalaman visual yang imersif.

Layar tersebut juga telah dibekali fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar tidak membuat mata pengguna pengguna menjadi cepat lelah. Kemudian, layar tersebut sudah mengusung refresh rate 90Hz yang imersif.

3. Performa Bersaing

Dapur pacu yang digunakan oleh Samsung Galaxy A05s cukup kompeten dan bersaing di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz dipadukan dengan RAM 6 GB + 6 GB RAM Plus, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

Samsung Galaxy A05s ini pun mampu meraih skor 310.645 dalam AnTuTu v10. Alhasil, pengguna masih bisa menjalankan game populer seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Minecraft, EA Sports FC, dan lain sebagainya. Bahkan, Genshin Impact juga masih bisa dijalankan, hanya saja kurang nyaman.

RAM 6 GB itu pun juga dipadukan dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB eMMC 5.1 yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB dedicated slot.

4. Kamera 50 MP dengan 60 FPS Recording

Sisi fotografi, smartphone Samsung Galaxy A05s hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.8 disertai fitur phase-detection autofocus dan LED flash.

Kemudian terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.5 yang berfungsi sebagai dedicated macro. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, kamera belakang sudah mampu merekam di resolusi 1080p@60fps dan kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

5. Baterai Besar yang Awet

Untuk urusan daya, Samsung Galaxy A05s dikemas dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas yang besar, tetapi sudah lumrah untuk ponsel zaman sekarang. Dengan baterai besar tersebut, tentu perangkat bisa bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal.

Samsung Galaxy A05s juga telah didukung port pengisian USB Type-C 2.0 disertai fitur pengisian cepat 25W yang bisa mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam kurun waktu 1 jam 30 menit, bisa sedikit lebih cepat atau lebih lambat.

6. Dukungan Update OS

Samsung Galaxy A05s hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Terdapat beberapa fitur menarik dan keren yang disematkan Samsung pada antarmuka yang digunakan oleh ponsel ini.

Misalnya, Dual Messenger untuk ciptakan dua akun berbeda pada satu aplikasi, Multi Windows untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu tampilan, dan Pop-Up View untuk membuka aplikasi dalam jendela kecil yang mengambang.

Dari informasi yang penulis terima, nantinya ia juga akan mendapatkan upgrade hingga Android 15 dengan antarmuka One UI 7 di masa mendatang. Menariknya, Samsung Galaxy A05s juga akan mendapatkan hingga empat tahun update patch keamanan.

7. Sensor Sidik Jari di Samping

Bukan hanya mengunggulkan sektor kamera, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Samsung Galaxy A05s hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

1. Tidak Ada NFC

Kekurangan pertama dari Samsung Galaxy A05s ini adalah absennya fitur NFC (Near Field Communication) yang menjadi salah satu fitur paling dicari-cari oleh kebanyakan orang. Dengan adanya fitur ini, beberapa aktivitas Anda akan bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan cepat.

Salah satu fitur NFC (Near Field Communication) yang sering digunakan adalah melakukan transaksi digital. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengecek isi saldo kartu e-money, menghubungkan perangkat lain dengan mudah, dan mengirim file dengan lebih cepat.

Sayangnya, Samsung Galaxy A05s tidak memiliki fitur ini. Padahal, para pesaingnya di kelas yang sama telah mendukung fitur NFC (Near Field Communication).

2. Sensor Compass Absen

Bukan hanya tidak menyertakan fitur NFC (Near Field Communication). Samsung Galaxy A05s juga turut untuk tidak menyertakan sensor compass pada seri kali ini. Absennya sensor compass tentu saja akan menjadi kekurangan pada ponsel ini. 

Pasalnya, Anda tidak dapat membaca atau mengetahui arah mata angin pada saat ponsel ini tidak terhubung ke koneksi internet. Perihal sensor, ponsel ini hanya menghadirkan sensor fingerprint (side-mounted), accelerometer, dan proximity saja.

3. Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

Kamera dari Samsung Galaxy A05s bisa dikatakan sudah cukup baik. Namun ada kekurangan yang bisa menjadi deal-breaker bagi sebagian orang, terlebih pada pengguna yang sering berpergian ke tempat alam. 

Ya, ponsel kelas menengah besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini tak memiliki sensor ultrawide sehingga Anda tak dapat memotret pada sudut keluasan yang tinggi. Padahal, para pesaingnya dengan harga yang lebih murah telah menghadirkan ultra-wide angle, sebut saja Xiaomi Redmi 12 yang belum lama ini diluncurkan di pasar Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s
  • Warna : Light Green, Silver, dan Black.
  • Dimensi : 168 x 77.8 x 8.8 mm.
  • Berat : 194 gram
  • Layar : PLS LCD, 1080 x 2400, 6.7 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI Core 5.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A05s

Harga Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s adalah salah satu smartphone 4G terbaru dan termurah dari Samsung yang menawarkan performa kompeten di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 octa-core. Selain menghadirkan kemampuan dapur pacu memadai, ponsel ini juga hadirkan pengalaman fotografi menarik berkat dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP dan kamera selfie memadai beresolusi 13 MP. Layar dari Samsung Galaxy A05s pun cukup tajam berkat mengusung resolusi Full HD+ serta mendukung refresh rate 90Hz yang imersif. Harga smartphone Samsung Galaxy A05s terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.