0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Itel P55 5G - Spesifikasi & Harga

Itel yang merupakan anak perusahaan dari Transsion Holdings telah mengepakkan sayapnya sungguh lebar di persaingan smartphone enrty-level di pasar Indonesia. Setelah sukses merilis smartphone Itel S23 dan Itel S23 Plus yang berhasil menarik perhatian konsumen tanah air, kini Itel Indonesia melanjutkannya dengan seri Itel P55 5G yang merupakan smartphone Itel pertama dengan jaringan 5G. Tak hanya itu, Itel P55 5G juga termasuk salah satu yang pertama di Indonesia yang bawakan jaringan 5G di kelas harga Rp 1 jutaan.

Tak hanya menghadirkan jaringan 5G di kelas Rp 1 jutaan, smartphone entry-level Itel P55 5G juga rupanya menghadirkan kinerja powerful di kelas harganya berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 5G octa-core dipadukan dengan memori RAM 6 GB dengan ROM 128 GB UFS 2.1. Kemudian, sang ponsel juga hadirkan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang cukup baik. 

Kelebihan dan Kekurangan Itel P55 5G

Selain itu, Itel P55 5G sudah menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka iTel OS 13 lengkap dengan sensor sidik jari. Berbicara soal daya tahan, Itel P55 5G suguhkan baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 18W.

Agar lebih tahu seluk-beluk pada smartphone ini, sebaiknya simak penjabaran kelebihan dan kekurangan Itel P55 5G beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Itel P55 5G

Kelebihan Itel P55 5G

1. Desain Premium

Berbeda halnya dengan smartphone murah lainnya yang hadir di Indonesia, smartphone Itel P55 5G justru menyuguhkan tampilan yang cantik dengan tekstur mengilap serta rancangan housing kamera berisikan dua bulatan lensa yang estetis. 

Umumnya, smartphone enrty-level dengan harga Rp 1 jutaan meletakkan sensor sidik jari di belakang bodi. Namun, ini tidak berlaku dengan smartphone Itel P55 5G. Alih-alih diletakkan di belakang, Itel Indonesia justru meletakkan posisi sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

Selain itu, bodi dari ponsel ini memiliki ketahanan yang cukup baik dan tahan banting. Dari informasi yang penulis himpun, seseorang bahkan sampai rela menjatuhkan smartphone ini beberapa kali dari ketinggian, dan hasilnya cukup memuaskan lantaran tidak ada kerusakan yang terjadi, baik pada layar dan sejenisnya.

Ini tandanya, Itel bukan hanya mengutamakan sisi estetikanya saja melainkan juga memerhatikan build quality pada Itel P55 5G. Meski tidak mengantongi sertifikasi tahan air dan debu serta tidak menggunakan pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass, sang ponsel condong memiliki ketahanan bodi yang kuat untuk kelas harganya.

2. Layar Smooth

Smartphone Itel P55 5G mengusung spesifikasi layar berponi minimalis pada aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan piksel mencapai di angka 266 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Meski layarnya hanya menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang sudah dianggap bagus untuk di kelas entry-level, ini tidak perlu dijadikan perkara. Lagi pula, Itel P55 5G sudah suguhkan refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman scrolling lebih mulus sebanyak 50 persen dibandingkan refresh rate 60Hz konvensional.

Tak cukup sampai disitu saja, Itel P55 5G juga memiliki fitur Dynamic Bar yang mirip dengan Dynamic Island di seri iPhone 15. Fitur ini memungkinkan desain poni kamera depan melebar menjadi notifikasi telepon masuk, status pengisi daya, serta status baterai.

3. Performa Buas di Kelasnya

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Itel P55 5G pun paling gegas di kelas harganya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.4 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali G57 MC2.

Itel P55 5G ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.1 serta masih didukung oleh slot microSD dedicated slot untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

Untuk gambaran performanya, MediaTek Dimensity 6080 5G mampu meraih skor AnTuTu v10 sebesar 422.851 poin. Skor tersebut membuatnya berada di tingkat yang sama dengan Qualcomm Snapdragon 695 5G dan Helio G99, dua chipset tersebut biasanya sering dijumpai pada smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 2-3 jutaan.

4. Kamera Unggul

Sisi fotografi, Itel P55 5G ini hadir dengan konfigurasi dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash. Kemudian, terdapat juga kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, Itel P55 5G didukung oleh kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus. 

Perihal perekaman video, kamera belakang dari sang ponsel mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan hanya mampu merekam hingga 720p@30fps.

7. Side-Mounted Fingerprint

Bukan hanya mengunggulkan sektor kamera, Itel juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Itel P55 5G hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

5. Baterai Besar yang Awet

Berbicara soal kebutuhan daya, Anda tidak akan menemukan komplain pada smartphone Itel P55 5G ini. Pasalnya, smartphone entry-level ini telah ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga seharian penuh.

Berbekal fitur penghematan baterai yang ditenagai AI, smartphone ini bisa menghemat ketahanan baterai dengan lebih baik lagi dengan cara menyesuaikan diri dengan pola penggunaan sehari-hari.

Dari informasi yang penulis himpun, daya tahan baterai Itel P55 5G bisa mencapai 17 jam dalam penggunaan WhatsApp dan 85 jam untuk pemutaran musik. Kemudian, ini juga sudah didukung oleh fitur pengisian cepat 18W yang sudah cukup baik, meski bukan yang terkencang di kelas harganya.

Yang menarik, smartphone Itel P55 5G sudah mengusung port USB Type-C, bukan port micro-USB yang masih umum ada HP murah Rp 1 jutaan.

6. Dapat Garansi 2 Tahun dan Jaminan Penggantian Layar Selama 1 Tahun

Salah satu hal yang paling menarik dari smartphone Itel P55 5G ini adalah pengguna akan mendapatkan layanan purna jual yang menyenangkan saat terjadi kerusakan. Sebab, ponsel ini mendapatkan garansi selama 2 tahun, serta penggantian layar secara gratis selama 1 tahun.

Adapun keunggulan lain dari Itel P55 5G mencakup penggunaan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka iTel OS 13 yang kaya akan fitur serta minim bloatware.

Kekurangan Itel P55 5G

Kekurangan Itel P55 5G

1. Fast Charging Hanya 18W

Walaupun Itel P55 5G ini dibekali baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Namun, ada kekurangan yang di sektor ini seperti hanya didukung oleh pengisian cepat 18W yang tergolong kalah saing dari kompetitornya. Dengan demikian, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 2 jam lebih. Waktu yang tak sebentar, bukan?

2. Fitur NFC Absen

Kekurangan selanjutnya dari Itel P55 5G ini adalah absennya fitur NFC (Near Field Communication) yang menjadi salah satu fitur paling dicari-cari oleh kebanyakan orang. Dengan adanya fitur ini, beberapa aktivitas Anda akan bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan cepat.

Salah satu fitur NFC (Near Field Communication) yang sering digunakan adalah melakukan transaksi digital. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengecek isi saldo kartu e-money, menghubungkan perangkat lain dengan mudah, dan mengirim file dengan lebih cepat.

Sayangnya, Itel P55 5G tidak memiliki fitur ini. Padahal, para pesaingnya di kelas yang sama telah mendukung fitur NFC (Near Field Communication).

Spesifikasi Itel P55 5G

Spesifikasi Itel P55 5G
  • Warna : Galaxy Blue, Mint Green.
  • Dimensi : 164 x 75.1 x 8.4 mm.
  • Berat : 198 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 6080.
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, Itel OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Itel P55 5G

Harga Itel P55 5G

Itel P55 adalah satu satunya smartphone 5G termurah saat ini yang memiliki performa kompeten dari SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 5G octa-core dan juga dipersenjatai oleh layar IPS LCD yang mengusung resolusi HD+ dengan rerfresh rate 90Hz yang mulus. Bukan hanya itu, ponsel ini juga rupanya hadirkan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Meski dibanderol dengan harga murah, smartphone Itel P555 5G rupanya sudah meletakkan posisi sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power, dibandingkan di belakang bodi layaknya pada HP Rp 1 jutaan pada umumnya. Harga smartphone Itel P55 5G terbaru di Indonesia dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.000 rupiah.