0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Itel P55 NFC - Spesifikasi & Harga

Bukan hanya merilis seri Itel P55 5G yang merupakan salah satu smartphone dengan jaringan 5G paling murah, Itel Indonesia juga turut serta memboyong Itel P55 NFC untuk meramaikan pasar smartphone tanah air. Selain itu, smartphone ini juga termasuk salah satu yang pertama di Indonesia yang bawakan dukungan fitur NFC (Near Field Communication) di rentan harga Rp 1,3 jutaan.  Dengan hilangnya embel-embel "5G" di belakang, tentu sang ponsel tidak dibekali jaringan 5G, namun diganti dengan fitur NFC (Near Field Communication).

Kelebihan dan Kekurangan Itel P55 NFC

Tak hanya menghadirkan fitur NFC (Near Field Communication) di harga murah, smartphone Itel P55 NFC juga rupanya didukung dengan performa kompeten dari SoC (System on Chip) Unisoc T606 yang mengusung prosesor octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB dan ROM 128 GB atau 256 GB UFS. Adapun keunggulan lain yang dibawa oleh ponsel ini adalah dukungan baterai besar berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W.

Untuk mengetahui seluk-beluk pada smartphone ini, sebaiknya simak penjabaran kelebihan dan kekurangan Itel P55 NFC beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Itel P55 NFC

Kelebihan Itel P55 NFC

1. Desain Premium

Berbeda halnya dengan smartphone murah lainnya yang hadir di Indonesia, smartphone Itel P55 NFC justru menyuguhkan tampilan yang cantik dengan tekstur mengilap serta rancangan housing kamera berisikan dua bulatan lensa yang estetis dan satu bulatan untuk LED flash.

Umumnya, smartphone enrty-level dengan harga Rp 1 jutaan meletakkan sensor sidik jari di belakang bodi. Namun, ini tidak berlaku dengan smartphone Itel P55 NFC. Alih-alih diletakkan di belakang, Itel Indonesia justru meletakkan posisi sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

Selain itu, bodi dari ponsel ini memiliki ketahanan yang cukup baik dan tahan banting. Dari informasi yang penulis himpun, seseorang bahkan sampai rela menjatuhkan smartphone ini beberapa kali dari ketinggian, dan hasilnya cukup memuaskan lantaran tidak ada kerusakan yang terjadi, baik pada layar dan sejenisnya.

Ini tandanya, Itel bukan hanya mengutamakan sisi estetikanya saja melainkan juga memerhatikan build quality pada Itel P55 NFC. Meski tidak mengantongi sertifikasi tahan air dan debu serta tidak menggunakan pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass, sang ponsel condong memiliki ketahanan bodi yang kuat untuk kelas harganya.

2. Layar Mulus dan Tajam

Smartphone Itel P55 NFC mengusung spesifikasi layar berponi minimalis pada aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan piksel mencapai di angka 266 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Meski layarnya hanya menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang sudah dianggap bagus untuk di kelas entry-level, ini tidak perlu dijadikan perkara. Lagi pula, Itel P55 5G sudah suguhkan refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman scrolling lebih mulus sebanyak 50 persen dibandingkan refresh rate 60Hz konvensional.

Tak cukup sampai disitu saja, Itel P55 NFC juga memiliki fitur Dynamic Bar yang mirip dengan Dynamic Island di seri iPhone 15. Fitur ini memungkinkan desain poni kamera depan melebar menjadi notifikasi telepon masuk, status pengisi daya, serta status baterai.

3. Performa Unggul

Kinerja smartphone Itel P55 NFC pun bisa dikatakan cukup kompeten di kelas sejutaan karena mengandalkan SoC (System on Chip) Unisoc T606 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,6 GHz dengan memori RAM 3 GB atau 4 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 650MHz yang memadai.

Itel P55 NFC ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB atau 256 GB UFS 2.1 serta masih didukung oleh slot microSD dedicated slot untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

Untuk gambaran performanya, Unisoc T606 mampu meraih skor AnTuTu v10 sebesar 237.673 poin. Kemudian untuk GeekBench 6, skor single-core-nya yaitu 371 poin sedangkan multi-core-nya mencapai di angka 1386 poin.

4. Kamera Berkekuatan 50 MP

Sisi fotografi, Itel P55 NFC ini hadir dengan konfigurasi dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash. Kemudian, terdapat juga kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, Itel P55 NFC didukung oleh kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari sang ponsel mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan hanya mampu merekam hingga 720p@30fps.

5. Usung Sidik Jari di Samping

Bukan hanya mengunggulkan sektor kamera, Itel juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Itel P55 NFC hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

6. Baterai Besar, Ada Fast Charging 18W

Berbicara soal kebutuhan daya, Anda tidak akan menemukan komplain pada smartphone Itel P55 NFC ini. Pasalnya, smartphone entry-level ini telah ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga seharian penuh.

Berbekal fitur penghematan baterai yang ditenagai AI, smartphone ini bisa menghemat ketahanan baterai dengan lebih baik lagi dengan cara menyesuaikan diri dengan pola penggunaan sehari-hari.

Dengan harga Rp 1 jutaan saja, Anda juga sudah bisa mendapatkan fitur pengisian cepat 18W pada smartphone Itel P55 NFC. Meski bukan yang terkencang, namun angka tersebut sudah cukup oke di kelas harganya.

Yang menarik, smartphone Itel P55 NFC sudah mengusung port USB Type-C, bukan port micro-USB yang masih umum ada HP murah Rp 1 jutaan.

7. Konektivitas Lengkap dan Ada Fitur NFC

Itel juga menghadirkan konektivitas dan sensor yang cukup lengkap dalam seri ini. Benar saja, Itel P55 NFC mengandalkan fitur jaringan 4G, dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk Wi-Fi masih menggunakan Wi-Fi 5. Ia juga dilengkapi fitur NFC dan juga USB Type-C 2.0.

Perlu diketahui, fitur NFC (Near Field Communication) dapat membantu pengguna ponsel dalam melakukan pembayaran non tunai, transfer data ke perangkat lain dengan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, Itel P55 NFC juga menghadirkan kelengkapan sensor yang cukup lengkap seperti fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

8. Dapat Garansi 2 Tahun dan Penggantian Layar Selama 1 Tahun

Salah satu hal yang paling menarik dari smartphone Itel P55 NFC ini adalah pengguna akan mendapatkan layanan purna jual yang menyenangkan saat terjadi kerusakan. Sebab, ponsel ini mendapatkan garansi selama 2 tahun, serta penggantian layar secara gratis selama 1 tahun.

Adapun keunggulan lain dari Itel P55 NFC mencakup penggunaan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka iTel OS 13 yang kaya akan fitur serta minim bloatware.

Kekurangan Itel P55 NFC

Kekurangan Itel P55 NFC

1. Masih Gunakan Gyro Virtual

Sensor yang dibawa oleh smartphone Itel P55 NFC ini bisa dikatakan cukup lengkap di kelas harganya. Itu mencakup sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power, accelerometer, proximity, dan compass. Kemudian, terdapat juga sensor gyroscope yang berfungsi untuk mempertahankan orientasi berdasarkan posisi smartphone.

Umumnya sensor gyroscope ini digunakan untuk bermain game berjenis balapan atau tembak-tembakan. Namun, ketika sensor gyroscope yang digunakan hanya virtual, respons yang diberikan akan lambat dibandingkan dengan gyro hardware.

Spesifikasi Itel P55 NFC

Spesifikasi Itel P55 NFC
  • Warna : Aurora Blue dan Moonlit Black.
  • Dimensi : 163.69 x 75.6 x 8.55 mm.
  • Berat : 198 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T606.
  • GPU : Mali-G52 MP1.
  • RAM : 6 GB / 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, Itel OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Itel P55 NFC

Harga Itel P55 NFC

Itel P55 NFC merupakan salah satu smartphone termurah yang sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang memiliki banyak fungsi, seperti untuk melakukan pembayaran non tunai, dan banyak lagi. Tak hanya itu, sang ponsel juga turut ditopang oleh performa kompeten dari SoC (System on Chip) Unisoc T606 dipadukan dengan memori yang lapang. Bahkan, keseluruhan performa tersebut dibalut dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat 18W. Harga smartphone Itel P55 NFC terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.399.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp1.699.000 rupiah.