Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate Dipadukan RAM Berkapasitas 12 GB Termurah

Daftar Isi

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate Dipadukan RAM Berkapasitas 12 GB Termurah - Beberapa waktu lalu Tecno Mobile Indonesia secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka melalui seri Tecno Spark 20C, Tecno Spark 20, Tecno Spark 20 Pro, dan Tecno Spark 20 Pro+. Jika diurutkan secara spesifikasi dan kemampuannya, Tecno Spark 20 Pro hanya berada di bawah seri Plus. Hal inilah yang membuatnya paling banyak diminati karena memiliki value price to performance paling tinggi. Pasalnya, ponsel ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 Ultimate octa-core dipadukan dengan memori RAM 12 GB.

Bukan hanya menawarkan kinerja buas di kelas harganya, smartphone Tecno Spark 20 Pro juga tampaknya bawakan memori internal berkapasitas 256 GB. Ini juga sudah didukung oleh konfigurasi stereo speaker, sehingga suara yang dihasilkan lebih lantang dibandingkan satu buah speaker atau mono. Selain itu, Tecno Spark 20 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat 33W.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate Dipadukan RAM Berkapasitas 12 GB Termurah

Memiliki housing kamera boba seperti iPhone, desain Tecno Spark 20 Pro terbilang menarik dan tampak premium. Bodi belakangnya menyuguhkan tampilan yang simpel dan polos, dengan ketiga lensa yang diposisikan dalam formasi zig-zag.

Untuk material yang digunakannya sendiri masih plastik polikarbonat yang masih wajar mengingat harganya hanya Rp2 jutaan. Sisi bingkainya memiliki bentuk datar alias flat untuk kenyamanan genggam maksimal.

Tecno Spark 20 Pro hadir dengan beberapa pilihan warna yaitu Moonlit Black, Frosty Ivory, dan Sunset Blush. Ketiga warna tersebut bisa dibilang mampu menghadirkan warna menarik. Terlebih untuk kelas harga Rp2 jutaan, warna yang dihadirkan tergolong trendi dan menakjubkan.

Hal menarik yang lainnya sebenarnya bukan soal desain. Melainkan Tecno Spark 20 Pro sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang tahan terhadap percikan air dan debu.

Smartphone Tecno Spark 20 Pro dipersenjatai layar sentuh punch hole pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 395 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga telah mendukung refresh rate 120Hz. Bahkan, terdapat fitur Adaptif refresh rate yang membuatnya bisa menyesuaikan secara otomatis sesuai penggunaan. Misalnya ketika layar dalam keadaan statis, refresh rate akan turun dan begitu juga sebaliknya.

Fitur adaptive refresh rate tersebut menggunakan teknologi Smart Refresh 3.1 sebagai salah satu upaya dalam menghemat konsumsi daya. Menurut klaimnya, teknologi ini mampu melakukan efisiensi daya hingga 3-5 persen.

Tak cukup samapai disitu saja, smartphone ini juga dibekali fitur eksklusif yaitu Dynamic Port yang mampu mengubah tampilan punch hole menjadi lebih interaktif. Misalnya saat menerima notifikasi, melakukan panggilan telepon, membuka dengan FaceID, hingga proses mengisi baterai.

Sektor performa, Tecno Spark 20 Pro tergolong cukup powerful di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 Ultimate berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 12 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Merujuk pada data dari NanoReview, MediaTek Helio G99 Ultimate ini mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 417.197 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 735 poin untuk single-core dan 1984 poin untuk multi-core. Kemudian untuk pengujian 3DMarkWild Life performance-nya mendapat skor di angka 1237 poin.

Yang menarik, untuk pasar Indonesia, Tecno Spark 20 justru hadir dengan varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Yang hadir dengan varian RAM 8 GB justru seri tertinggi-nya, yakni Tecno Spark 20+.

Beralih ke sektor kamera, smartphone Tecno Spark 20 terbilang sangat menarik di kelasnya dengan dibekali tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan quad LED flash.

Sedangkan kamera tambahan lainnya hanya ada lensa auxiliary atau depth berkekuatan 0,08 MP yang tidak jelas fungsinya.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang mengusung resolusi 32 MP dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus. Perihal perekaman video, smartphone ini sudah mendukung 60fps recording yang hasilnya dua kali lipat lebih mulus dibandingkan 30fps. Jika ingin rekaman video terlihat lebih tajam bisa memilih resolusi 2K, kendati harus menurunkan frame rate ke 30fps.

Sebagai smartphone kelas entry, ketahanan baterai tentu menjadi satu hal yang wajib untuk dimiliki, termasuk Tecno Spark 20 Pro ini. Ia sudah dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh untuk aktivitas harian. Angka tersebut masih berada di tingkat standar, bahkan untuk ponsel dengan harga Rp1 jutaan.

Namun, ketahanan baterai tidak diukur oleh besaran kapasitas baterai yang digunakan. Ada sektor lain yang membuat baterai awet, misalnya jenis chip yang digunakan serta aktivitas dalam layar. Perlu diketahui, MediaTek Helio G99 Ultimate ini memiliki fabrikasi 6 nanometer, alhasil membuat tingkat efisiensinya bagus. Kemudian, layarnya memiliki fitur adaptive refresh rate yang menggunakan teknologi Smart Refresh 3.1 sebagai salah satu upaya dalam menghemat konsumsi daya. Menurut klaimnya, teknologi ini mampu melakukan efisiensi daya hingga 3-5 persen.

Untuk proses pengisian dayanya, smartphone Tecno Spark 20 Pro dibekali fitur pengisian cepat 33W yang cukup kencang dalam proses pengisian daya.

Adapun hal menarik yang dimiliki oleh smartphone Tecno Spark 20 Pro yaitu menghadirkan stereo speaker. Padahal, selama ini stereo speaker lebih sering ditemukan pada smartphone yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan ke atas.

Kualitas suaranya pun terdengar imbang antara atas dan bawah, di mana bagian atas menggunakan earpice untuk dijadikan speaker kedua. Tersedia juga tunning-an dari DTS di Tecno Spark 20 Pro, sehingga suaranya jadi nge-bass dan terhindar dari distorsi pada volume tinggi.

Jika Anda sedang berada di luar ruangan pada lingkungan yang ramai. Anda juga dapat menaikkan volume perangkat hingga 400 persen. Kelantangan suaranya tidak usah ditanyakan lagi, sangat jarang ada ponsel yang bisa melakukan hal seperti ini.

Tecno Spark 20 Pro hadir dengan sistem oeprasi Android 13 dengan antarmuka HiOS 13 yang memiliki fitur-fitur menarik seperti Dynamic Port yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, ada fitur AoD (always-on-Display) agar ponsel tetap dalam keadaan menyala meski sedang terkunci.

Lalu ada 4G CA 2.0 yang memungkinkan ponsel menggunakan dua saluran internet secara bersamaan untuk meningkatkan kecepatan unduh hingga 130 persen. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk koneksi Wi-Fi yang mampu memangkas latensi hingga 25 persen dan menaikkan kecepatan unduh hingga 25 persen.

Terakhir, ada fitur APP Twins yang berfungsi untuk menggandakan beberapa aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, Messenger, dan lain sebagainya.

Metode pembukaan kunci layar yang cepat dan praktis adalah hal yang cukup langka di kelas entry-level. Meski kebanyakan sudah dibekali oleh fitur pengenalan wajah melalui kamera depan atau Face Unlock, namun tak banyak yang turut menawarkan sensor sidik jari.

Jadi, apabila di antara Anda sedang mencari sebuah smartphone sejuta dengan sensor sidik jari, memilih Tecno Spark 20 Pro adalah keputusan yang tepat. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sensor Face Unlock memang bisa diandalkan namun tingkat keamanannya tidak sebaik Fingerprint atau sensor sidik jari.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Spark 20 Pro. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro

Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro

  • Rilis di Indonesia : Mei 2024
  • Warna : Moonlit Black, Frosty Ivory, Sunset Blush
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 8.4 mm
  • Berat : -
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,78 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2460, kerapatan 396 ppi, refresh rate 120Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G99 Ultimate, Octa core (2.2 GHz, Dual core, Cortex A76 + 2 GHz, Hexa Core, Cortex A55)
  • Grafis : Mali-G57 MC2
  • Sistem Operasi : Android 13, HiOS 13
  • Memori : RAM 12 GB dan ROM 256 GB
  • Kamera Belakang : 108 MP f/1.89, (wide) + 0.08 MP (auxiliary lens), Dual-LED flash, HDR, 2K@30fps
  • Kamera Depan : 32 MP, f/2.2, (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 33W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, GPS, GLONASS, NFC, FM Radio, USB Type-C, OTG
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass

Harga Tecno Spark 20 Pro

Tecno Spark 20 Pro adalah salah satu smartphone terbaru di kelas menengah yang didukung oleh performa kompeten dari MediaTek Helio G99 Ultimate dengan layar mulus 120Hz. Tak hanya itu, smartphone ini juga dipersenjatai kamera utama berkekuatan 108 MP, memori internal lapang di kelasnya, serta memiliki berbagai macam fitur menarik. Harga smartphone Tecno Spark 20 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.499.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.

Mahesa Putra
Mahesa Putra Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Ikuti berita terbaru Ponselesa.com di Google News atau Telegram
Konten berikut adalah iklan platform Advertnative. Ponselesa.com tidak terkait dengan materi konten ini.